13 November 2014

Ulang Tahun

Percakapan absurd di kereta,
A : Kok dia gak traktir ya ulang tahun?
B : Memang harus traktir?
A : Ya setidaknya kasi tau kalo ulang tahun.
B : (dengan polos) Memang harus kasih tau kalo ulang tahun?

Saya senyum dengernya..

Saya sendiri udah lama ngilangin tanggal ulang tahun di Facebook dan social media yang lain. Setidaknya dalam tiga tahun terakhir, orang yang nyelametin ulang tahun saya, orang yang bener-bener inget, bukan karena diingetin oleh Facebook. 

Jadi keinget, pas kemaren ulang tahun, temen-temen satu ruangan di kantor gak ada yang tahu, cuma satu dua orang yang tahu, itupun udah saya pesenin untuk gak usah sebar-sebarin. Tapi pas lewat hari ulang tahun, ada temen dari bagian lain dateng ke ruangan dan nyari saya. Kebetulan saya ngga ada di ruangan. Lalu temen saya itu diterima oleh sekretariat ruangan saya.
Teman Saya : Mbak, Angel dimana?
Sekretariat : Lagi keluar, kenapa?
Teman Saya : Mau nyelamatin donk, kan dia kemaren ulang tahun.
Sekretariat : Hah? Masa? Kok dia gak bilang.
Teman Saya : Ihh, masa Mba gak tau kalo kemaren Angel ulang tahun?

Hmmm... Percakapan itu berdampak panjang sih.
Pas saya balik ke ruangan, langsung diinterogasi sama sekretariat. Akhirnya saya ngaku kalo kemaren saya ulang tahun. Dia langsung bilang ke Pak Bos, "Tuh kan bener, Angel kemaren ulang tahun.."

Ha ha ha.

Sampe disana berasa canggung. Semuanya langsung nyelametin di satu ruangan. Ada yang nyalahin saya, kenapa saya ngga bilang-bilang kalo ulang tahun. Ada juga yang nyalahin temen-temen deket saya, kenapa mereka kemaren gak bilang-bilang kalo saya ulang tahun.

Aneh.

Lalu kalau kemaren saya ulang tahun, memangnya kenapa? Sama seperti percakapan yang saya denger di kereta barusan.."Memang harus kasih tau kalo ulang tahun?"

Terlepas dari segala bising perayaan, buat saya, Ulang Tahun itu momen pribadi, dimana saya berpikir ulang tentang apa yang sudah saya lakukan dan apa target-target yang belum tercapai. Hubungannya lebih kepada saya dan diri saya. 

Nyatanya, ulang tahun yang dilewati hanya dengan teman-teman dekat dan tanpa ekspektasi, jauh lebih membahagiakan :)

0 comments: