26 March 2011

Yeeey!!

Hari ini satu tugas saya selesai,
konser musik BIMUS (Bina Musik)
dengan judul "Everlasting Melodies II: For the Beauty of the Earth"
ini posternya:
Yang bikin seneng, konser ini bisa dibilang berjalan sukses :)
Walaupun ada percampuradukan tugas yang agak parah. Haha.

Contohnya si Ci Stephanie, dia itu dibilangnya Art Director, tapi ternyata kerjanya sama skali ngga nyentuh bagian art. Lebih ke bagian Stage manager sihdia itu. Soalnya dari awal, dia yang mikirin denah stage nya, letak-letak pemain musik, penyanyinya dimana aja, terus mereka keluar masuk dari sebelah mana..

Nah, terus kalo saya sendiri, jadi asisten sutradara. Agak aneh sih kalo di konser musik yang sekarang. Soalnya, memang ada bagian drama, tapi sedikit banget, dan narator sama aktor-aktornya udah profesional,mereka ga perlu terlalu banyak diarahin lagi..Jadi, saya mutusin untuk ngeliat bagian apa yang masih kurang. Akhirnya selama latihan gladi resik 2 hari berturut-turut, kemaren dan kemarennya lagi, saya nyangkut di balkon atas, sambil ngeliatin lighting dan LCD, kalo di bagian bawah, atau tentang konsernya sendiri, udah diarahin langsung sama si Ci Stephanie jadi bisa lah saya tak ikut campur. :)

Hari H, hari ini, tiba-tiba saya diminta tolong buat ngurusin Video Switcher , jadi konser ini mau pake sistem multi kamera dan mau live streaming. Wohoho.. emang sih udah pernah belajar di kampus tentang video switcher-switcher gitu, tapi ini tetep aja pengalaman pertama untuk bener-bener ngedirect orang buat ngoperasiin alat itu.
Jadi tadi ada 3 kameramen, terus ada operator Video Switcher nya juga, saya duduk disebelah operator video Switcher nya, ngeliat hasil rekaman dari 3 kamera yang ada, milih yang bagus, dan kalo perlu, ngarahin kameramen supaya ngambil gambar dengan frame yang lebih pas.

Pertama-tama, pas ngebayanginnya, agak takut, takut smua ga berjalan lancar, secara kaya gini kan cuma bisa sekali jalan, ga bisa ulang. Tapi ketakutan saya beneran ilang, pas acara udah mulai, ternyata asik loh milih-milih gambar di mesin video Switcher, asik juga ngedirect kameramen supaya dapet angle ato frame yang lebih bagus. Ada kendala sih tadi, operator video Switcher nya kesannya kagok banget, ngga siap gitu, jadi kalo saya udah bilang suru ganti rekam kamera yang lain, dia nya masih tetep di kamera yang satunya, sampe saya tunjuk-tunjuk layarnya, dan beberapa kali juga agak emosi, jadi saya yang mencet-mencet sendiri itu mesin video Switcher nya biar video yang direkamnya keganti sesuai yang saya mau. Si mas-mas nya lagi sibuk tuh, takut suara dari audio mixernya ga masuk ke video Switcher. Dan pastinya akir-akirnya mas nya bilang, sori ya.. Kalo diitung-itung, mungkin lebih dari 5 kali si mas-masnya minta maaf. haha..

Well,, sebenernya yang mau dibahas di postingan ini adalah tentang kenggasengajaan yang aneh. Jadi, saya ngerasa ini kebetulan yang bener-bener ajaib, tiba-tiba saya masuk UMN jurusan Cinematography, dan di gereja saya dibentuk Tim Produksi Film dan Drama : Rhemata. Buat saya terbentuknya tim ini jelas suatu wadah yang sangat membantu. Semenjak ikut Rhemata, beberapa kali saya membuat naskah, belajar menjadi sutradara, kameramen, editor dan buat Juni nanti, saya nyoba untuk nyutradarain sambil main naskah. Seneng rasanya kalo apa yang dipelajarin di kuliahan bisa dipraktekin dan bisa nambah pengalaman.

Masih keinget kok, pertama kali nyutradarain, untuk ngomong aja masih "emmmm,,,," "eeee....." yaaa,, semacam-macam itulah, jarang saya bisa langsung tegas mutusin sesuatu. Tapi seiring jalannya waktu, saya ngerasa udah lebih baik sih, lebih brani ngarahin talent, yaa meskipun blom sempurna banget. Pokoknya saya mau terus belajar. :)

Saya sendiri ngerasa semua ini udah disiapin jalannya. Saat saya mikir, ini nanti mau kerja apa setelah lulus kuliah, eh pas masi kuliah ini bener-bener bisa kepake ilmunya, setidaknya untuk ngebantu event-event dan pelayananan di dalem gereja.

Di Rhemata sendiri, bisa jadi kita saling tuker ilmu. Jadi dulu itu, saya kenalan sama Ci Anna, kameramen cewe yang selalu setia ada di event-event gereja. :P Nah, buat saya yang waktu itu masih semester 3 dan di kasi tugas bikin efek Bluescreen, Ci Anna ini kaya dewa penolong. Ci Anna yang ngajarin caranya.. Terus pernah juga sekali waktu ada tugas untuk buat video klip, berhubung dulu komputer di rumah masi tipe-tipe jadul, ga bisa di buat ngedit, Ci Anna mau loh minjemin komputernya dia, sampe dibawain ke kantornya supaya saya bisa ngerjain tugas saya di Kantornya yang masih di Jakarta (secara rumahnya Ci Anna jauh). hehe.. Yaa pokoknya gitu deh, banyak hal yang saya dapetin dari Tim Rhemata dan kegiatan-kegiatan gereja yang lain, dan menurut saya itu ajaib, seperti ada sesuatu yang ngatur dan kasi jalan ke saya. Saya selalu dituntut untuk lebih maju, lebih tegas, dan punya pengalaman. Saya yakin ada suatu tujuan positif dibalik semua pengarahan ini.. :)

2 comments:

Stephanie Gunawan said...

Njel, hahahahaha
emang tuh jobdescnya acak2an. Tapi aku juga lega, ternyata pas konser, semuanya berjalan lancar. Anak2 udah tau mesti ngapain, panitia juga udah hafal mesti gimana. :) Senang!

Njel, aku juga gak tau kebetulan ato apa, aku bingung kmu masuk cinematography. Tapi, ngeliat hari2 ini, aku percaya emang Tuhan yang arahin kamu ambil jurusan itu. Karena kamu emang bidangnya di situ, kamu bener2 bisa membantu di Rhemata n acara ky Bimus tadi. Bersyukur banget ada kamu! ^^

Soal video switcher, itu sama ama video mixer yg waktu itu kita omongin ya njel?

Angelia Stephanie said...

Haha,, cici cepet amat baca nya.. Kenapa cc bingung aku masuk cinematography? Haha,, iya ci,, nama mesinnya sih video switcher, tp kalo Ko Ricky dan kawan2, bilangnya video mixer,

Btw, thx ci, seneng kalo bs bikin cc bersyukur krn ada aku.. Haha..ini lama2 kalo dilanjutin aku bs terbang ga balik2 lagi, jadi harus di stop. Haha..

Aku juga bersyukur bisa kenal cici n ngerjain banyak hal sama2.. :)