19 March 2016

Percakapan Batin #1

X : Udah demam gitu, kenapa sih gak tidur aja?
Y : Gak bisa tidur, kamu pikirr.....
X : Kenapa?
Y : Terganggu.
X : Karena?
Y : Yaa.. Somehow aku ngerasa terlalu baik sama orang lain. Terlalu percaya sama mereka. Terlalu naif, karena selalu nganggep apa yang mereka omongin, itu yang bener-bener akan mereka lakuin. Dan kemudian kecewa, karena ternyata kenyataannya gak kaya yang mereka omongin. Rasanya aku perlu belajar banyak untuk bedain, mana orang yang bisa bener-bener aku percaya, mana yang nggak.
Oh, ada lagi. Aku juga perlu belajar banyak untuk bedain, mana bantuan yang bener-bener nyata dan mana bantuan yang pura-pura. Lama-lama sakit juga ketemu banyak orang yang pinter acting.
X : Ohh.
Y : Cuma Ohh?
X : Yaa.. gini. Kan kamu sendiri yang bilang, selalu percaya sama orang lain itu keputusan kamu. Dan waktu kamu bilang itu, kamu bilang juga kamu sadar, adalah hak mereka untuk buktiin, kalo mereka sebenernya bisa dipercaya atau ngga. Kalo nyatanya orang yang kamu percaya itu ngga ngelakuin apa yang dia omongin, ya itu hak mereka. Hak mereka untuk ngebuktiin, kalo mereka gak bisa dipercaya. Terus kenapa kamu jadi ngerasa terganggu sampe kaya gini?
Y : Hmm. Ya sih. Ya sih. Tau. Tapi susah ya ternyata ngelawan perasaan kecewa. Apalagi kalo kamu selalu anggep orang lain itu baik, sampe akirnya kamu nemuin, kalo perbuatannya gak sebaik kata-katanya.
X : Ya.. berlajar dari pengalaman lah, Mbok. Jangan punya ekspektasi apapun ke orang lain. Itu kan kamu bilang kunci bahagia?
Y : Ah kamu nih. Paling bisa ngebalikin omongan!
X : HAHA! ya udah, makin malem ini, kamu bisa makin sakit! Tidur sana. Nih, aku masih inget kata-kata Kak Sem pas kotbah waktu itu, "Kasih itu selalu memberi dan melepaskan". Memberi dan melepaskan. Dalam hal ini, bisa jadi diartiin, kalo kamu punya kasih, seharusnya kamu bisa memberi maaf dan melepaskan luka / kecewa / perasaan terganggu kamu ini.
Y : Hmmm. Iya. Memberi dan melepaskan. Memberi dan melepaskan. Memberi dan melepas......
X : ........ Yahh kan ditinggal tidur. Ya udah, tidur sana, semoga cepet sembuh ya, kamu. Semoga arti memiliki kasih itu bisa lebih nyata kamu lakuin. Memberi dan melepaskan. Aku sayang kamu.

1 comments:

Anonymous said...

Percakapan yang abstrak